Sabtu, 22 Oktober 2011

Sala Makanan Khas Kota Pariaman

Bila kebetulan Anda berada ke Kota Pariaman, Sumatera Barat, pada bulan puasa ini, mampirlah ke Pantai Gandoriah di pinggir kota. Di sana saban sore sudah berjejer penjual sala lauak atau sala ikan khas masakan Pariaman.
Sala lauak Pariaman sudah lama terkenal. Tidak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke kawasan ini tidak mencicipi sala lauak dan membawanya untuk penganan dibawa pulang. Sementara pada hari biasa, sala lauak dimakan di tepi pantai di bawah rindangnya pohon pinus, pada bulan ini banyak yang membelinya untuk teman makan nasi saat berbuka. Pada bulan puasa jumlah penjual sala ini meningkat drastis karena sala ini sudah menjadi tradisi bagi orang Pariaman sendiri. Bahkan bisa dikatakan bahwa bagi penduduk Pariaman, tidak berbuka namanya jika tidak ditemani sala.

Jenis - Jenis Sala

1.  Sala Bulek

Namanya Sala Bulek bila diindonesiakan menjadi Sala Bulat, merupakan makanan khas Minang tepatnya berasal dari Pariaman. Dengan bahan utama tepung terigu, ikan, kunyit dll makanan khas nan langka ini dibentuk sedemikian rupa menjadi bundar seperti bola pingpong. Sala Bulek biasanya dijadikan teman untuk menyantap lontong, pical, atau bahkan teman makan sehari-hari.




Makan lontong ditemani sala bulek, hmmm sungguh mantap rasanya :D














2.  Sala Cumi

Sala cumi sama saja dengan jenis sala sebelumnya, akan tetapi bedanya sala ini bahan dasarnya cumi yang kemudian di masukkan ke dalam adonan sala dan kemudian di goreng. Sala cumi merupakan favorit dari setiap pengunjung di Pantai Pariaman. karena di setiap resto tepi pantai disana pasti menjual sala cumi dan sala cumi selalu habis. Jadi jika anda ingin hunting sala cumi, usahakan lah anda sampai di pantai Pariaman tidak kesorean, karna biasanya jam 15.00 ke atas itu sudah mulai sulit untuk mendapatkan sala ini. Kelebihan sala ini akan terasa jika anda memakannya saat masih panas, karena cuminya masih empuk untuk disantap.

Selain sala bulek dan sala cumi masih banyak lagi jenis sala-sala lain, contohnya sala ikan yaitu ikan yang dimasukkan kedalam adonan sala dan digoreng dan sala kepiting yaitu kepiting yang dimasukkan kedalam adonan sala kemudian di goreng. Dan juga ada sala udang.


                              (Sala Kepiting, Sala Udang, Sala Ikan dan Sala Bulek )


Nasi Sek ( Seribu Kenyang )
Jika anda berkunjung ke Kota Pariaman, anda tidak akan susah mencari tempat memanja kan perut karena di Pantai Gandoriah yang berlokasi di dekat Pasar Pariaman sudah menyediakan tempatnya. Namanya Kedai Nasi Sek alias Seribu Kenyang, akan tetapi itu dahulu :D , tentunya sekarang sudah berbeda karna bahan makanan sudah mahal berbeda dengan dulu akan tetapi namanya tetap Nasi Sek. Makanan yang disajikan cukup beragam seperti ikan bakar, ikan goreng, ayam goreng, ayam bakar dan masih banyak lagi, dan tentu saja ada sala nya :D. Bila anda makan di Nasi Sek, makan anda akan terasa sangat menyenangkan karena saat anda makan anda pun dapat merasakan hembusan angin pantai dan mata ada akan dimanjakan dengan Pantai Pariaman yang cukup dapat membuat perasaan anda menjadi tentram dan damai :D



Aneka jenis lauk yang ditawarkan di Nasik Sek















Pantai Gandoriah :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar