Rabu, 26 Oktober 2011

Institute Teknologi Telkom

Bagi adik-adik yang masih menghuni kelas 3 SMA ( hehehe :D ), dan bingung ingin melanjutkan kemana, saya punya saran. Mungkin ada baiknya adik-adik melanjutkan ke IT Telkom atau biasa disebut Institut Teknologi Telkom. Mungkin bagi yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat nama kampus ini sudah tidak asing lagi, tapi bagi luar pulang jawa? saya rasa tidak, karena saya pun dulu juga kurang tau. Dari pada banyak mukadimah, langsung aja cekibroot :D

Tentang Institute Teknologi Telkom
Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) - dahulunya bernama STT Telkom - merupakan institusi pertama di Indonesia yang mengkhususkan program studinya pada bidang "Information and Communications Technologies” (ICT). IT Telkom diproyeksikan untuk menyiapkan tenaga-tenaga ahli di bidang ICT, yang terampil dan berwawasan bisnis, sebagai jawaban atas tuntutan perkembangan industri ICT yang begitu pesat.

Rata-rata pertumbuhan sektor bisnis telekomunikasi di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 20% tiap tahunnya. Pertumbuhan ini meliputi bisnis layanan komunikasi berbasis seluler, telepon tetap, internet, dan akses pita lebar. Dengan jumlah pertumbuhan sebesar itu, diperkirakan kebutuhan tenaga Infokom pada tahun 2010 di Indonesia adalah sebanyak 320.000 orang.
Saat ini penyedia lulusan infokom berasal dari perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta, termasuk IT Telkom. Namun jumlah lulusan dari perguruan-perguruan tinggi yang memiliki program studi terkait dengan bidang infokom tersebut, baru sekitar 20.000 orang per tahun.

IT Telkom mencanangkan di tahun 2017 nanti akan menjadi perguruan tinggi berkelas internasional yang unggul di bidang  Infokom dan menjadi agen perubahan dalam membentuk insan cerdas dan kompetitif.




Visi, Misi, Tujuan, dan Sistem Nilai IT Telkom

V i s i


Menjadi Per
guruan Tinggi Internasional yang Unggul di Bidang Infokom dan Agen Perubahan dalam Pembentukan Insan Cerdas dan Kompetitif, serta berperan dalam Pembentukan Masyarakat yang Sejahtera.

M i s i
  1. Menyelenggarakan pendidikan bertaraf international untuk mengembangkan sumber daya profesional di bidang infokom.
  2. Menyelenggarakan penelitian bertaraf international untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi di bidang infokom.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dan secara aktif membangun sinergi dengan industri / institusi dalam dan luar negeri.

T u j u a n
  1. Meningkatkan daya saing institusi untuk melayani industri dan masyarakat Infokom.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten, mampu bekerja, mengembangkan diri dan berwirausaha di bidang Infokom.
  3. Menghasilkan karya dan cipta yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat serta tantangan perubahan yang cepat di bidang Infokom baik secara nasional maupun international

Sistem Nilai
  1. Berwawasan global dan masa depan.
  2. Menjunjung tinggi integritas dan profesionalitas.
  3. Orientasi pada Stakeholder.
  4. Fokus pada kualitas.
  5. Kreatif dan inovatif.
  6. Jujur dan berakhlaq mulia.

Strategi IT Telkom dalam 4 (Empat) Tahun ke Depan

  1. Membangun Infrastruktur dan Kawasan yang Nyaman dan KondusifDengan infrastruktur yang nyaman dan kondusif, proses belajar mengajar dan budaya riset akan tumbuh dengan cepat dan harmonis. Atmosfir akademik yang diperlukan untuk menjadi perguruan tinggi besar akan tumbuh dengan baik.
  2. Membangun Komunitas dan Peningkatan Kesempatan Belajar di IT Telkom
    Melalui Seleksi penerimaan calon mahasiswa yang fleksibel dan inovatif, pengembangan program studi, serta pengembangan program training dan workshop untuk masyarakat yang relevan dengan kompetensi fakultas.
  3. Memberikan Value yang Tinggi Pada Proses Belajar Mengajar
    Proses belajar mengajar yang dilaksanakan harus memberikan Value yang tinggi kepada Dosen, Mahasiswa, dan Penyelenggara (Prodi, BAA, Keuangan, dll.). Setiap orang dan unit yang terlibat secara aktif maupun pasif pada proses belajar mengajar hendaknya memberikan dan mendapatkan manfaat dan pengalaman yang berharga.
  4. Pengembangan Budaya Riset
    Menggairahkan budaya riset & inovasi di kalangan Dosen, pegawai, dan mahasiswa. Riset dapat bertujuan untuk pengembangan keilmuan, solving problem dip roses belajar mengajar maupun tata kelola, termasuk pengembangan kolaborasi riset antar fakultas dan dengan perguruan tinggi atau instansi lain, baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Pengembangan Entrepreneurship
    Pengembangan kewirausahaan yang berbasis teknologi (ICT pada khususnya). Penyebar luasan kepada seluruh civitas academica nilai-nilai dan semangat kewirausahaan seperti : kerja keras, inovasi & kreativitas, kemandirian, ketulusan, keberanian risk taker, disiplin dan peduli.
  6. Penguatan Sistem Penjaminan Mutu Melalui Implementasi Tata Kelola Sesuai Prinsip Good University Governance
    Sistem Penjaminan Mutu (Quality Assurance System) merupakan alat dan pendekatan yang efektif untuk mempertahankan kelangsungan hidup institusi. Penerapan Penjaminan Mutu akan makin efektif dan integral dengan dilaksanakan prinsip-prinsip Good University Governance, yang meliputi : Credible Leadership, Transparancy, Accountability, Responsibility, dan Fairness
  7. Memberikan Value Kepada Dosen dan Pegawai
    Dosen dan Pegawai (Tenaga Penunjang Akademik) merupakan unsure utama dalam perencanaan dan pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Oleh karena itu diharapkan Dosen dan Pegawai terus menerus meningkatkan diri dan mengembangkan diri agar mempunyai kompetensi yang memadai untuk menjadi Sumber Daya yang kompeten dan mempunyai talenta yang luar biasa. Diharapkan dengan Kualitas Dosen dan Pegawai seperti ini, Institut Teknologi Telkom akan mampu menjadi perguruan tinggi yang ungul dalam pelaksanaan proses belajar mengajar yang berkualitas dan menghasilkan Lulusan yang handal dan berkualitas.
  8. Peningkatan Kapasitas Finansial
    Kapasitas Finansial yang terus tumbuh dan berkembang merupakan syarat untuk tumbuhnya institusi dengan baik
  9. Empowering Fakultas dan Sisfo Sebagai Agen Perubahan Kemajuan IT Telkom

Sistem Pembelajaran di IT Telkom


Program pendidikan di IT Telkom dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu terjun dan cepat beradaptasi di sektor industri ICT, karena sejak awal IT Telkom telah menerapkan pola Link and Match. Pola tersebut diwujudkan dalam sistem Belajar Intensif (tatap muka, responsi & praktikum) yang dipadukan dengan kerja lapangan dalam bentuk program Geladi dan Magang (Co-op).

Logo IT Telkom


Gambar Logo Institut Teknologi Telkom

  1. Logo Institut Teknologi Telkom berupa bentuk lingkaran memiliki pengertian buana / dunia sebagai aktifitas pendidikan dan profesi bidang sains, teknologi informasi dan komunikasi pada umumya.
  2. Bentuk kurva rotasi tiga melambangkan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Bentuk kurva rotasi tersusun berseberangan memiliki makna perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat dinamis.
  3. Warna logo merupakan simbol bidang teknologi informasi dan telekomunikasi yaitu warna biru prussian (biru tua) dan biru turquoise (biru muda). Huruf Book Antiqua Italic Bold memiliki kesan anggun, berwibawa, dinamis, dan akurat.



Sejarah



Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) pada awal berdirinya bernama Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom). Pendirian STT Telkom diawali dari kesadaran Bapak Cacuk Sudarijanto yang pada tahun 1990, ketika itu menjabat sebagai Dirut PT. Telkom, akan perkembangan pesat teknologi komunikasi dan informasi harus diimbangi dengan kesediaan sumber daya manusia yang mumpuni. Berangkat dari pandangan tersebut maka Beliau, yang oleh Pengamat Ekonomi disebut sebagai Bapak Transformasi Telkom, mendirikan STT Telkom. STT Telkom diresmikan berdirinya pada hari Jumat, 28 September 1990 di Gegerkalong Hilir – Bandung oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi waktu itu, Bapak Soesilo Soedarman. Sejak berdirinya IT Telkom bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT)

Saat ini kampus IT Telkom berada di daerah Bandung Selatan sekitar 12 km dari pusat kota Bandung (Gedung Sate) dengan lokasi yang mudah dijangkau oleh kendaraan umum. Lokasi kampus IT Telkom dulunya merupakan daerah bersejarah, dimana Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia disebarkan ke seluruh nusantara dan dunia melalui pemancar radio yang ada di lokasi ini. Dulunya terdapat sebanyak 13 tower pemancar radio di lahan ini, dan saat ini tinggal 2 tower yang dijadikan monumen bersejarah dan juga sebagai laboratorium antena.

Pada awal berdirinya, kampus IT Telkom tersebar di 3 lokasi. Kampus 1 berada di jalan Soekarno Hatta, Kampus 2 di jalan Geger Kalong Hilir, dan Kampus 3 berada di jalan Penghulu Hasan Mustafa. Pada tahun 1993 IT Telkom memiliki kampus sendiri di Jalan Telekomunikasi Terusan Buah Batu  (Lokasi sekarang), dan setahun kemudian semua kegiatan belajar mengajar terpusat di kampus baru. Pada tahun itu pula Kampus IT Telkom diresmikan Presiden RI Bapak Soeharto pada tanggal 24 Maret 1994. Menempati lahan seluas 48 ha, kampus IT Telkom memiliki fasilitas penunjang pendidikan yang baik dengan penataan lingkungan yang asri, sehingga proses belajar dan mengajar dapat lebih kondusif..
Tujuan didirikannya sekolah ini untuk memenuhi kebutuhan akan ahli-ahli di industri telekomunikasi yang tumbuh sangat pesat, maka PT Telkom sangat berkepentingan terhadap institusi ini sehingga PT Telkom memberikan beasiswa penuh dan ikatan dinas kepada mahasiswa angkatan 1991 dan 1992. Adanya perubahan iklim industri telekomunikasi (PT Telkom tidak memonopoli lagi), program beasiswa dan ikatan dinas diberhentikan dan saat ini IT Telkom menjadi perguruan tinggi yang mandiri.


Jurusan - Jurusan Yang Ada di Institute Teknologi Telkom

1.  Fakultas Elektro dan Komunikasi

Fakultas Elektro dan Komunikasi, yang berdiri pada tanggal 28 September 1990, memfokuskan diri pada bidang Teknik Telekomunikasi dan bidang-bidang Teknik Elektro lainnya yang terkait dengan pertelekomunikasian. Tujuan yang diacu adalah menciptakan lulusan yang handal dan kompeten di bidang teknik dan industri telekomunikasi, mampu mengimplementasikan dan memberdayakan diri, sekaligus sanggup mengikuti perkembangan sains dan teknologi.

Fakultas Elektro dan Komunikasi berfungsi menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat melaui program studi Sarjana dan Diploma




Visi Fakultas  Elektro dan Komunikasi

Menjadi  fakultas berstandar internasional, berdaya saing tinggi dan mampu berperan aktif untuk pembangunan  dan ketahanan   nasional melalui  proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat pada bidang Elektro dan Komunikasi.
Misi Fakultas Elektro dan Komunikasi
  1. Menyiapkan sumber daya manusia yang berdaya saing  tinggi melalui  pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat  di bidang  teknik elektro dan komunikasi.
  2. Mengembangkan tenaga pengajar  dan pendukung akademik yang mampu  bekerja secara profesional  dengan standar internasional  dan dapat berkontribusi pada pembangunan bangsa.
  3. Mengembangkan ilmu,  pengetahuan dan rekayasa  di bidang teknik elektro  dan komunikasi dengan meningkatkan penelitian   sesuai  standar masyarakat ilmiah internasional, untuk mendukung  pengajaran dan pengabdian masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan masyarakat  ilmiah dan industri nasional dan internasional.
Tujuan Fakultas Elektro dan Komunikasi
  1. Meningkatkan kompetensi dan daya saing fakultas untuk melayani industri, masyarakat dan bangsa.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional, mampu mengembangkan diri dan berwirausaha di bidang elektro dan komunikasi.
  3. Menghasilkan karya dan cipta inovatif di bidang elektro dan komunikasi yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat pada tingakt nasional maupun internasional.
  4. Berkontribusi pada pengembangan industri dan masyarakat baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan pihak lain.
Fakultas Elektro dan Komunikasi menyelenggarakan lima program studi, yaitu:
1.    Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi
2.    Program Studi S1 Sistem Komputer
3.    Program Studi S1 Teknik Elektro
4.    Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi

Kelompok Keahlian:
  1. Kelompok Keahlian Pengolahan Sinyal Informasi (PSI)
  2. Kelompok Keahlian Jaringan dan Multimedia (JMM)
  3. Kelompok Keahlian Transmisi Telekomunikasi (TransTel)
  4. Kelompok Keahlian Sistem Elektronika (SE)

2.   Fakultas Rekayasa Industri ( Fakultas Saya, hehehe :P )

Fakultas Teknik Industri berdiri pada tanggal 28 September 1990. Teknik Industri adalah bidang ilmu keteknikan yang konsen pada analisis, perancangan, implementasi dan perbaikan suatu sistem integral yang terdiri dari manusia, peralatan, dana, material, dan metoda. Dalam konteks ontologi Teknik Industri tersebut Industri Telekomunikasi merupakan sebuah sistem integral yang sangat membutuhkan kehadiran dan kontribusi dari keahlian teknik industri.
Berangkat dari pemikiran tersebut, IT Telkom yang dalam misinya menjadi penyedia SDM industri telekomunikasi di Indonesia menganggap penting untuk mendirikan Fakultas Rekayasa Industri sebagai bagian dari rumpun bidang keteknikan di IT Telkom yang fokus pada bidang ICT bersama dengan Fakultas Elektro & Komunikasi dan Fakultas Informatika.

Fakultas Rekayasa Industri berfungsi menyelenggarakan kegatan pendidikan,pengajarn, penelitian dan pengabdian masyarakat melalui Program-program Studi Diploma (D3) dan Sarjana (S1).

Visi Fakultas
Menjadi Program Studi Teknik Industri berkelas internasional yang mampu menjadi agen perubahan dalam membentuk insan cerdas dan kompetitif yang kompeten dalam pengembangan dan pengelolaan industri infokom serta mampu memberikan kontribusi dalam membangun masyarakat yang sejahtera.

Misi Fakultas
  1. Menyelenggarakan pendidikan bertaraf internasional untuk mengembangkan sumber daya profesional di bidang infokom.
  2. Menyelenggarakan penelitian bertaraf internasional untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi di bidang infokom.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan secara aktif membangun sinergi dengan industri/institusi dalam dan luar negeri.

Tujuan Fakultas
1.   Menghasilkan lulusan yang:
a.     Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang Teknik Industri sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah keteknikindustrian.
b.     Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan keteknikindustrian dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat di bidang infokom, dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.
c.     Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya sebagai ahli Teknik Industri di bidang Infokom, maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat.
d.     Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Teknik Industri dan infokom
e.     Mampu berwirausaha di bidang infokom, memiliki wawasan global, dan berjiwa nasional.
2.     Menghasilkan karya inovasi dalam keilmuan Teknik Industri yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat, serta tantangan perubahan yang cepat di bidang infokom, baik secara nasional maupun internasional yang mampu menduukung perkembagnan industri infokom dan membangun masyarakat cerdas Indonesia.


Lingkup Disiplin Ilmu
Fokus kajian ilmu teknik industri di IT Telkom adalah dalam bidang perancangan, pengoperasian, dan perbaikan  sistem industri informasi dan telekomunikasi yang didalamnya terdiri dari manusia, fasilitas/ perangkat, proses, informasi,  dan uang agar menghasilkan keluaran yang maksimal. Keilmuan teknik industri menggunakan ilmu-ilmu basic science, basic engineering, manajemen operasi, manajemen finansial, teknik produksi, teknik optimasi, dan ilmu-ilmu sosial lainnya untuk mengevaluasi dan memprediksi hasil sistem industri tersebut.

Fakultas Rekayasa Industri menyelenggarakan dua program studi, yaitu:
1.    Program Studi S1 Teknik Industri
2.    Program Studi S1 Sistem Informasi

Kelompok Keahlian :
  1. Kelompok Keahlian e-Process and Work System Optimization (e-P&WSO)
  2. Kelompok Keahlian e-Engineering Management (e-EM)
  3. Kelompok Keahlian e-Business and Technology (e-B&T)
3.  Fakultas Informatika


Fakultas informatika merupakan salah satu fakultas terbesar di IT Telkom. Fakultas ini bertujuan untuk menciptakan lulusan yang berpengetahuan dan berkemampuan di bidang informatika beserta sistem-sistem yang meliputi aspek teknologi dan bisnis telekomunikasi, sekaligus mampu mengikuti perkembangan sains dan teknologi.

Fakultas informatika berfungsi menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat melaui program studi Sarjana dan Diploma

Visi Fakultas Informatika

Menjadi fakultas yang unggul di bidang Informatika dan agen perubahan dalam pembentukan insan cerdas dan kompetitif, serta berperan dalam pembentukan masyarakat yang sejahtera

Misi Fakultas Infromatika

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam suasana akademis yang kondusif bagi pengembangan sumber daya profesional di bidang Informatika
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi di bidang Informatika
  3. Menyelenggarakan kerjasama dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang Informatika
Tujuan Fakultas
Program Studi Sarjana bertujuan menghasilkan lulusan siap kerja yang memiliki:
  1. Kemampuan mendesain, membangun, mengoperasikan, dan menganalisis teknologi informasi untuk mendukung pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
  2. Apresiasi yang baik terhadap perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi
  3. Kemampuan mengelola bisnis teknologi informasi dan telekomunikasi serta memiliki jiwa kewirausahaan.
  4. Ketrampilan berkomunikasi dalam kerja tim.
  5. Kemampuan menyelenggarakan riset dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi.

Program Studi Diploma bertujuan menghasilkan lulusan tenaga profesional yang memiliki:
  1. Pengetahuan dan ketrampilan dalam menguasai ilmu komputer.
  2. Ketrampilan tinggi dan profesional dalam pemrograman komputer.
  3. Wawasan teknik dan wirausaha yang siap terjun dalam bisnis teknologi

Fakultas Informatika menyelenggarakan dua program studi, yaitu:
  1. Program Studi S1 Teknik Informatika
  2. Program Studi D3 Teknik Informatika
Kelompok Keahlian:
  1. Kelompok Keahlian Intelligent, Computing and Multimedia (ICM)
  2. Kelompok Keahlian Telematika (Telematics)
  3. Kelompok Keahlian Software Engineering, Information System and Data Engineering (SIDE)

4. Fakultas Sains
 Fakultas Sains merupakan unit pelaksana akademik yang menyelenggarakan perkuliahan untuk mata kuliah dasar dan umum.  Pada saat IT Telkom berdiri, unit ini diberi nama BPDU (Biro Perkuliahan Dasar Umum), setelah tahun 1994 berubah menjadi PPDU (Program Perkuilahan Dasar Umum). Akhir tahun 2006, namanya berubah lagi menjadi Departemen Sains dan memasuki akhir tahun 2007, Departemen Sains berubah lagi menjadi Fakultas Sains seiring dengan perubahan Sekolah Tinggi Teknologi Telkom menjadi Institut Teknologi Telkom.  Semula Fakultas Sains hanya memiliki satu laboratorium, yaitu laboratorium fisika.  Laboratorium lain, yaitu Laboratorium Bahasa berdiri pada tahun 1997 dan Laboratorium Matematika dan Statistika menyusul kemudian pada tahun 2000.

Visi
Menjadi Fakultas Unggulan di Bidang Sains yang menunjang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi.

Misi
Memajukan dan menyebarluaskan Sains melalui Tridharma Perguruan Tinggi untuk menunjang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi.

T u j u a n
1.    Menghasilkan lulusan yang berkualitas di bidang sains.
2.    Menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas di bidang sains.
3.    Memberikan kontribusi yang bermanfaat di bidang sains untuk layanan masyarakat dan industri.
4.    Memberikan dukungan dan layanan pada departemen lain di Institusi.

Fakultas Sains menyelenggarakan dua program studi, yaitu:
1.    Program Studi S1 Ilmu Komputasi
2.    Program Studi S1 Teknik Fisika

Kelompok Keahlian :
  1. Kelompok Keahlian Rekayasa Instrumentasi dan Energi (RIE)
  2. Kelompok Keahlian Pemodelan dan Simulasi (P&S)
  3. Kelompok Keahlian Komputasi dan Algoritma (K&A)


Berikut Galeri IT Telkom


 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar